Friday, April 1, 2011

SAYEMBARA MENCARI CERPEN DAN CERPENIS


PROGRAM INI BERAKHIR TANGGAL: 15 APRIL 2011
TEMA: BEBAS

"BURUAN PADA MENGAJUKAN CERPEN, MASIH ADA SEKITAR 10 BANGKU KOSONG... JANGAN SAMPE TERLAMBAT"

“MARI BERKARYA SEBELUM KITA DIKARYAKAN”

Penerbit Azam Jaya Press sebagai penerbit yang berumur masih muda dalam dunia tulis-menulis mencoba mengadakan program untuk menampung para penulis pemula yang masih bingung, karena belum menemukan wadah yang “pas” agar karyanya bisa dibaca oleh semua orang. Dalam hal ini, kami sebagai penerbit menggugah para penulis atau cerpenis khususnya untuk berkarya, dan menuangkan semua ide jernihnya dalam satu tulisan, yang nantinya Insya Allah akan kami terbitkan sebagai kumpulan Cerpen Antalogi.
Tidak sedikit penulis-penulis pemula yang merasa frustasi gara-gara tulisannya tidak pernah diapresiasi dengan baik oleh pihak-pihak tertentu, sehingga membuat penulis menjadi malas untuk menulis. Pikiran mereka menjadi tumpul, apalagi untuk menulis, mereka menjadi males membaca juga. Itu semua disebabkan, karena ada anggapan tulisan yang tidak berkualitas, dan penulis yang tidak punya nama. Nah, kami di sini ingin mencoba menjebatani kesenjangan itu, agar para penulis bisa merasa bangga, dan penulis mampu untuk bersaing dengan para penulis senior yang telah banyak menerbitkan bukunya.
Memang seorang penulis agar bisa dapat respon baik dari para pembaca salah satu tolok ukurnya adalah “nama” (siapa yang menulis), dan pengalaman menulis (apakah sudah ada tulisan yang terbit dan beredar di toko buku besar). Mungkin itu yang menjadi halangan kita dalam mengusahakan agar tulisan kita diterima dan dibaca oleh semua orang. Akhirnya para penulis pemula susah untuk mendapatkan kesempatan yang baik. Namun, lagi-lagi kami sebagai wadah itu, mencoba merekrut 50 cerpenis untuk menulis cerpen dengan tema apa saja, sebagai jalan awal uji layak karya para penulis pemula untuk dinilai seluruh masyarakat sebagai pembaca. Dan kami ingin membuktikan bahwa anggapan tidak bermutunya tulisan para penulis pemula “itu salah”, tudingan sinis seperti demikian harus kita bantah dengan karya-karya kita. Sebagai penulis kita harus buktikan kalau kita mampu membuat sebuah karya yang fenomenal, dan bisa melebihi mereka para penulis senior. Oleh karena itu, kita harus bersatu berkumpul dalam satu wadah karya. Dengan demikian ketika tulisan kita memang benar-benar berkualitas, otomatis untuk langkah selanjutnya pasti tulisan kita akan diperhitungkan oleh mereka yang menganggap sinis. Maka dengan ini kami membuka program mengumpulkan 50 cerpenis untuk menulis cerpen yang nantinya akan diterbitkan. Jadi jangan sia-siakan kesempatan baik ini. Semua hal tersebut hanya bertujuan mengangkat derajat kita sebagai penulis pemula, untuk membuktikan bahwa kita “mampu”. Tentunya apa yang kita tulisa harus bermanfaat, sehingga bisa jadi acuan atau rujukan dasar bagi patokan hidup para pembaca.

Menindak lanjuti dari program Penerbit Azam Jaya Press tersebut, yang mengadakan kolaborasoi Nulis buku dalam bentuk Cerpen dengan tema bebas. Dibutuhkan sekitar 50 Cerpen dari 50 Cerpenis yang akan diterbitkan oleh Penerbit Azam Jaya Press.

ATURAN MAIN:
  1. BIAYA CETAK BUKU DITANGGUNG BARENG-BARENG OLEH PENULIS, DENGAN MENYERAHKAN BIAYA, Rp 500.000,00. PEMBAYARAN BISA DILAKUKAN SECARA LANGSUNG MAUPUN TRANSFER.
  2. HASIL DARI PENJUALAN BUKU AKAN DIBAGI BARENG-BARENG JUGA ATAU DIGUNAKAN UNTUK MENCETAK BUKU LAGI.
  3. MODAL YANG KEMBALI DARI HASIL PENJUALAN UNTUK MENCETAK BUKU LAGI. JADI MODAL YANG DIBERIKAN DARI SETIAP PENULIS TIDAK HILANG. TERKECUALI PENULIS MEMUTUSKAN KONTRAK SEPIHAK, ITU JUGA PENERBIT AKAN MENGEMBALIKAN 40% DARI MODAL YANG DIBERIKAN PENULIS.
  4. PENERBIT DAN DISTRIBUTOR MENGAMBIL ROYALTI 15% SEBAGAI SARANA UNTUK MEMPUBLIKASIKAN BUKU DAN KEBUTUHAN-KEBUTUHAN TIM, DAN 85% DIBAGIKAN KE SETIAP PENULIS.
  5. PROSES PENERBITAN MENUNGGU NASKAH TERKUMPUL SAMPAI 50 CERPEN, TENTUNYA DENGAN BANYAKNYA NASKAH YANG MASUK KAMI MENYELEKSI NASKAH-NASKAH YANG BISA LAYAK TERBIT.
  6. KALAU SEMISAL NASKAH SUDAH MASUK 50, MAKA KAMI AKAN LANGSUNG MENERBITKANNYA. BERARTI PROGRAM INI UNTUK SEMENTARA BERAKHIR, MUNGKIN AKAN ADA LAGI SELANJUTNYA.
  7. UNTUK HALAMAN PERTAMA AKAN DIBERIKAN KEPADA PENULIS TAMU, DAN HALAMAN KEDUA SETERUSNYA AKAN DINILAI DARI TEMA DAN IDE CERPEN YANG BAGUS, SEMUANYA DITENTUKAN OLEH EDITOR PENERBITAN.
KEUNTUNGAN BAGI PENULIS:
  1. NAMA KITA MENJADI DIKENAL DALAM DUNIA TULIS MENULIS, KARENA KAMI PIHAK PENERBIT MEMBERIKAN TEMPAT 1 HALAMAN UNTUK BIOGRAFI SINGKAT DARI DUA ORANG PENULIS, AGAR PENULIS BISA LEBIH DIKENAL.
  2. KARYA KITA AKHIRNYA BISA TERBIT, DAN DIBACA OLEH BANYAK ORANG. KITA JUGA BISA MENGUKUR BAGAIMANA KUALITAS TULISAN KITA. APAKAH KITA MEMANG BERBAKAT MENJADI PENULIS ATAU TIDAK.
  3. KARYA KITA BEREDAR DI TOKO BUKU-BUKU BESAR.
  4. SEBAGAI PELATIHAN KITA DALAM MENULIS, UNTUK MENGASAH SETIAP PERKEMBANGAN KARYA TULISAN KITA.
  5. ADANYA KEBANGGAN TERSENDIRI DENGAN TERBIT DAN DIKENALNYA NAMA DAN KUALITAS TULISAN KITA.
  6. UNTUK SELANJUTNYA JIKA KITA MEMBUAT KARYA AKAN LEBIH MEMPUNYA BOBOT TIMBANG TINGGI, KARENA SUDAH TERBUKTI KALAU KITA MAMPU BERKARYA.
  7. DAN MASIH BANYAK LAGI KEUNTUNGAN LAINNYA.
  
ATURAN MAIN TULISAN:
  • Font Times New Roman
  • Point 12
  • 10000-11000 karakter
  • Lain-lain diatur oleh Penerbit
Catatan:
  • Setiap Naskah yang diajukan harus melampirkan CV, biografi singkat,  File Foto Penulis, dan Surat kontrak Penerbit dengan Penulis disertai Materai 6000.
  • Pembayaran dilakukan secara langsung. Pembayaran yang dilakukan secara Transfer harus ada bukti transfer.
- Oplah cetakan pertama sebanyak: 1500 eks.
- Data naskah, CV, Biografi Singkat, dan Foto bisa dikirim ke alamat e-mail: azam_jaya23@yahoo.com.

Nambah:
Kalau tertarik silakan jangan sampai ketinggalan, kita di sini sistemnya gotong royong, tnang aja uang yang dikeluarkan pertama tetap menjadi hak penulis, itu hanya diputerin untuk mencetak buku, penulis masih banyak dapat keuntungan kog, selain keuntungan royalti dari untung jual buku, penulis jga mendapat keuntungan namanya jadi dikenal, karyanya bisa dibaca oleh banyak orang, tulisannya masuk toko2 buku besar, selain itu kami menyediakan tempat satu halaman untuk biografi singkat 2 penulis, jadi ketika tulisan kita berkualitas, maka kita bisa dikenal juga... jadi skali lagi duit yang 500rbu kita keluarkan ga bakal ilang, krna akan terus berkelanjutan,,, slagi cerpen laku dipasaran. Kalau sudah tidak laku, maka kita bisa merumuskan ulang membuat karya baru lagi untuk diterbitkan, jadi karya2 segar kita tetap ada, nanti diterbitkan dari modal yang awal tadi lagi….maka dana awal yng dikeluarin tidak bakal ilang,,, terkecuali penulis memutuskan kontrak sepihak, itu jga penulis masih dikembalikan 40% dari dana awal yg diberikan...kalau semisal penerbit yang memutuskan kontrak, maka dana awal penulis akan dikembalikan utuh,,,,


Program 50 cerpenis ini akan dihadiri oleh penulis tamu, yang sudah tidak diragukan lagi kwalitasnya... banyak pilihan dari penulis tamu tersebut:
1. Ach. Dhofir Zuhry
2. Taufiq Ismail
3. Zawawi Imron
4. Putu Wijaya
5. Mustofa Bisri
6. dan sebagainya.
Nah tentunya tulisan-tulisan kita nantinya akan bersanding dengan salah satu tokoh tokoh tersebut, suatu kebanggaan tersendiri, sebagai penulis kita bisa mengukir sejarah bersama satu atau dua dari mereka.

 Demikianlah ketentuan-ketentuan yang ada, kalau anda tertarik silakan hubungi kami:
Email/Facebook          : azam_jaya23@yahoo.com
Contact Person           :082114698404

“SALAM HANGAT, SEMOGA KITA BISA BERKERJA SAMA. SALAM KARYA.”
Terimakasih
Share:

No comments:

© .: moekzone :. All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates